Fungsi Vlookup Pada Ms Excel 2007

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Ms Excel 2007

 

          Jika anda sering berkerja dengan Ms Excel 2007 untuk perkerjaan kantor anda, tentu anda sudah mengenal fungsi Vlookup, fungsi yang disediakan oleh Ms Excel ini punya kemampuan dalam mempermudah pencarian nilai dalam sebuah index. Walaupun sederhana fungsi ini akan sangat terasa manfaatnya saat digunakan dalam pengolahan data yang banyak. Berikut ini adalah ulasan singkat tentang fungsi Vlookup pada Ms Excel 2007.

Penjelasan Fungsi Vlookup

          Secara umum fungsi Vlookup merupakan fungsi yang me-looks up atau mencari nilai data di sebuah kolom pada lookup tabel yang kemudian menempatkan nilai itu di kolom lain. Lookup table yang digunakan disini diatur secara vertikal (itulah mengapa di sebut “V” lookup yang berarti vertikal).

Rumusan umum fungsi Vlookup dituliskan sebagai :

Vlookup(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
lookup_value : Nilai yang akan dicari pada kolom pertama dari tabel lookup.
table_array    : Range data yang berisi tabel lookup.
col_index_num : Nilai kolom dalam tabel dimana niali yang dicocokkan ditempatkan.
range_lookup  : Merupakan bagian tambahan, jika nilainya TRUE maka nilai yang cocok akan dipilih, jika tidak ada nilai yang cocok maka nilai terbesar yang lebih kecil dari nilai lookup_value yang dipilih. jika nilainya FALSE, Vlookup akan mencari nilai eksaknya. dan jika Vlookup tidak menemukan nilai eksak maka fungsi akan terisi nilai #N/A.

Catatan : Jika range_lookup nilainya TRUE atau dibiarkan kosong, maka kolom pertama dari table lookup haruslah tersusun secara urut dan sebaliknya jika nilainya FALSE

Tips : Jika lookup_value nilainya berupa teks, maka anda dapat menggunakan karakter tambahan * dan ?.

Contoh Penggunaan Fungsi Vlookup pada Ms Excel 2007

Perhatikan gambar dibawah ini
fungsi vlookup excel 2007 
          Berdasarkan gambar terdapat data nama barang dan stok, pada contoh fungsi Vlookup ini kita akan mencari jumlah stok barang A-5, tentunya menggunakan fungsi Vlookup untuk mencarinya.
          Maka yang harus anda lakukan adalah menentukan dimana sel mana fungsi ini anda tempatkan misalkan kita tempatkan di sel E13.
Kemudian tuliskan rumus fungsi =VLOOKUP(A6,A2:B11,2,FALSE) di sel E13 tadi, maka nilai yang diperoleh adalah 23, yaitu jumlah stok barang A-5.

Penjelasan Fungsi Vlookup dari Contoh

          Berdasarkan contoh diatas akan kita bahas penggunaan fungsi lookup VLOOKUP(A6,A2:B11,2,FALSE) yang pertama yang harus diperhatikan dalam menuliskan rumus ini adalah argumen VLOOKUP nya sendiri sebagai pengenal fungsinya.

lookup_value : Yang pada contoh bernilai A6, A6 ini adalah nilai yang akan kita cari pada lookup tabel yang ditentukan.
table_array : Pada contoh bernilai A2:B11 yang menandakan tabel lookup terdiri dari sel-sel antara A2 sampai B11.
col_index_num : Pada contoh bernilai 2, yang berarti kolom tempat nilai yang akan dicari adalah kolom ke-2 dari tabel lookup yang ditentukan sebelumnya
range_lookup : Bernilai FALSE karena data pada kolom 2 tabel lookup tidak tersusun secara urut.

          Demikian penjelasan singkat saya tentang cara menggunakan fungsi Vlookup pada ms excel 2007, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan dari tulisan ini, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan pada komentar, saya akan usahakan untuk menjawabnya. Trima kasih atas waktunya… :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar