Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)



A.      Pengertian YLKI 

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia disingkat YLKI adalah organisasi non-pemerintah dan nirlaba yang didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Mei 1973. Tujuan berdirinya YLKI adalah untuk meningkatkan kesadaran kritis konsumen tentang hak dan tanggung jawabnya sehingga dapat melindungi dirinya sendiri dan lingkungannya.
Pada awalnya, YLKI berdiri karena keprihatinan sekelompok ibu-ibu akan kegemaran konsumen Indonesia pada waktu itu dalam mengkonsumsi produk luar negeri. Terdorong oleh keinginan agar produk dalam negeri mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia maka para pendiri YLKI tersebut menyelenggarakan aksi promosi berbagai jenis hasil industri dalam negeri.

Contoh kasus :

Saat dipakai atau tidaknya listrik untuk kebutuhan sehari-hari tetap akan dikenakan biaya abodemen dari PLN ini.

Tanggapan :

Menurut saya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia  (YLKI)  untuk mendapatkan hak hak konsumen. Walaupun konsumen tidak menggunakan listrik namun, tetap dikenakan biaya yaitu biaya abodemen. Hal ini bisa disebut kerugian untuk para pengguna listrik. Walaupun demikian, konsumen akan tetap membutuhkan listrik sebagai kebutuhan sehari-hari. Hal inilah yang harus ditindak tegaskan oleh pihak YLKI.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar