Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi dan Kuasalitas



Buatlah contoh sebuah paragraf yang berkaitan dengan bidang anda sekarang !

1. Generalisasi
Jenis profesi akuntansi meliputi akuntan publik, akuntan pendidik, akuntan manajemen, auditor internal, dll. Namun dari jenis tersebut akuntan publik merupakan satu-satunya profesi akuntansi yang menyediakan jasa audit yang bersifat independen, yaitu memberikan jasa untuk memeriksa, menganalisis dan kemudian memberikan pendapat atas laporan keuangan suatu perusahaan. Untuk menjadi akuntan pubik seseorang harus lulus Fakultas Ekonomi atau Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi/Akuntansi dan memiliki gelar sebagai akuntan. Calon akuntan pubik dituntut memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 dan memiliki kemampuan dalam mengelola laporan keuangan dengan baik serta memiliki kemampuan dalam berbahasa asing khususnya bahasa inggris. Ketika syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi, calon akuntan harus mengikuti ujian sertifikasi akuntan publik. Oleh karna itu, tidaklah mudah untuk menjadi seorang akuntan publik.

2. Analogi
            Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti misal, sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana. Catatan juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misal informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga.

3. Sebab-akibat (Kausalitas)
            Tidak sedikit mahasiswa yang mengulang suatu mata kuliah dikarenakan banyaknya absen atau ketidak hadiran saat mata kuliah tersebut. Cukup banyak mahasiswa yang gampang terbuai dengan ajakan-ajakan untuk tidak mengikuti mata kuliah dari teman-teman dekatnya dll. Ketika mahasiswa tersebut mendapatkan mata kuliah yang harus mengulang, ia pun akhirnya harus membayar sejumlah uang untuk SKS tambahan, karena harus mengikuti mata kuliah yang wajib diulang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar